Tuesday 28 January 2014

banjir di cilacap


Banjir (ilustrasi) 
 
CILACAP -- Sebanyak lima desa di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Selasa, tergenang air akibat hujan yang terjadi sejak Senin (27/1) sore. Lima desa tersebut, yakni Sidareja, Gunungreja, Sidamulya, Sudagaran, dan Tegalsari, Kecamatan Sidareja, dengan ketinggian air berkisar 30-80 centimeter.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap Supriyanto mengatakan bahwa berdasarkan pendataan sementara, jumlah pengungsi 14 keluarga atau sekitar 50 jiwa.

"Mereka mengungsi di aula Koramil Sidareja. Hari ini, kami akan mengirimkan bantuan logistik ke tempat pengungsian," katanya.

Ia menjelaskan bahwa Kecamatan Sidareja merupakan daerah langganan banjir karena berada di daerah cekungan.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Unit Pelaksana Teknis BPBD Cilacap Wilayah Sidareja Agus Sudaryanto mengatakan bahwa pihaknya masih mendata jumlah rumah yang terendam banjir. "Wilayah yang paling parah di Desa Sidareja dan Gunungreja," katanya.

Menurut dia, banjir tersebut terjadi akibat hujan lebat yang terjadi sejak Senin (27/1) sore hingga Selasa dini hari. "Genangan air mulai terjadi pada pukul 22.00 WIB," katanya.

Camat Sidareja Rumbarwoto mengatakan bahwa aktivitas warga tetap berjalan normal meskipun terjadi banjir. Dia mengatakan bahwa siswa Madrasah Tsanawiyah Gunungreja terpaksa diliburkan karena genangan banjir masuk ke ruang kelas.

"Semoga tidak hujan lagi sehingga banjir bisa segera surut. Kalau hujan lagi, ketinggian air bisa bertambah dan banjir dapat meluas," katanya.

No comments:

Post a Comment