Wednesday 29 January 2014

Pakan Alami Untuk Murai Batu

Pakan Alami Untuk Murai Batu

  • Jangkrik

    Murai batu sangat menyukai jangkrik sebagai makanan favoritnya karena jangkrik berkhasiat untuk meningkatkan birahi burung murai dan burung murai batu jadi rajin berkicau. Jangkrik sudah menjadi makanan wajib untuk murai batu dan bila sulit menemukan jangkrik biasanya digantikan oleh orong-orong. Jangkrik diberikan kepada murai batu tidak boleh dikonsumsi berlebihan. Ini karena jangkrik mempunyai kandungan lemak yang tinggi yang bisa menyebabkan burung murai akan mengalami kegendutan dan mengganggu performa penampilannya. Untuk jangkrik harganya tidak terlalu mahal sehingga jangkrik jarang sekali mengalami kelangkaan seperti kroto.

  • Belalang Hijau

    Belalang hijau memiliki kandungan vitamin B yang cukup tinggi dibanding jenis belalang yang lain. Sehingga sangat bermanfaat untuk dikonsumsi oleh murai batu sebagai pakan alami. Sebelum belalang hijau dikonsumsi murai batu maka terlebih dahulu dicuci dan buanglah kakinya yang tajam untuk menjaga keselamatan burung murai batu yang sedang memakannya.

  • Ulat Daun Pisang

    Ketika burung murai batu masih kecil sangat dianjurkan diberikan pakan alami yakni ulat daun pisang. Khasiat dari ulat daun pisang ialah mempercepat pertumbuhan burung murai batu yang masih kecil. Pemberiannya pun tidak boleh berlebihan dan harus dibatasi dikarenakan kandungan lemaknya cukup tinggi dan menjadi tidak aman bagi murai batu bila dikonsumsi terus menerus.

  • Ulat Kayu

    Ulat kayu disebut juga dengan sebutan gendon yang bisa ditemui pada kayu-kayu yang sudah lapuk. Ulat ini sama dengan ulat-ulat jenis lainnya yakni memiliki kandungan lemak yang tinggi dan takarannya tidak boleh berlebihan untuk dikonsumsi oleh burung murai batu. Tapi khasiatnya membantu burung murai rajin berkicau.

  • Rayap dan Laron

    Rayap dan laron aman untuk dimakan oleh murai batu sebagai pakan alaminya. Rayap sangat muda ditemui ketika datangnya musim penghujan dan bisa dicari di dalam tanah. Pemberian rayap dan laron untuk murai batu tetap harus ditakar dan jangan over atau berlebihan karena tidak baik terhadap kesehatan murai batu.

  • Cacing

    Ya, cacing sangat dibutuhkan burung murai batu yang mulai mengasuh anaknya. Anak-anak murai yang memakan cacing dalam sehari bisa mencapai 15-20 ekor. Pemberian pakan cacing untuk murai batu ialah cacing terlebih dahulu di tempatkan di tampan atau ceper yang berisi air bersih. Cacing tersebut akan meminum airnya lalu mengeluarkan kotoran yang dari perutnya. Tujuan melakukan ini untuk membersihkan tanah yang terdapat di dalam perut cacing sehingga aman untuk dikonsumi induk murai batu dan anak-anaknya.

  • Capung

    Capung termasuk jenis pakan alami yang bermanfaat untuk murai batu. Tapi belum banyak orang yang menjadikan capung sebagai pakan alami untuk murai batu. Pemberian capung untuk murai batu memiliki banyak manfaatnya. Manfaatnya ialah merangsang burung murai batu lincah bergerak dan mendongkrak gairahnya.

  • Ikan Kecil atau Ikan Guppy

    Ikan kecil atau ikan Guppy adalah pakan alami bergizi tinggi bagi murai batu yang mengkonsumsinya. Pemberian ikan Guppy untuk dikonsumsi murai batu ialah dengan meletakkannya di baskom kecil yang airnya sedikit dan ikan guppy harus dalam keadaan hidup. Lalu murai batu akan memakannya di dalam baskom tersebut.

Yups, itulah pakan alami yang dibutuhkan oleh murai batu yang begitu banyak manfaatnya dan salah satunya dapat merangsang murai batu untuk rajin berkicau. Namun tetap diperhatikan bahwa murai batu tidak boleh mengkonsumsi pakan alami secara berlebihan karena berdampak buruk terhadap kesehatannya. Dan sebaiknya pemberian pakan alami bagi murai batu kesayangan anda dilakukan secara bervariasi setiap harinya.

No comments:

Post a Comment