Friday 8 August 2014

COKLAT PRALINE

COKLAT PRALINE



Bagi Anda penggemar coklat, coklat praline mungkin sudah terbiasa di telinga Anda. Tapi bagi Anda yang lebih banyak mengenal coklat pabrikan, coklat batangan, coklat susu, yang banyak dijual di warung dan toko agak asing juga dengan kata coklat praline.
Apa itu coklat praline ? Coklat praline adalah sebutan untuk potongan coklat kecil. Coklat kecil dengan tampilan menarik dan tentu saja dengan rasa yang hmmm nyam..nyam.. enak….. Jika diibaratkan dengan seorang wanita, coklat praline adalah coklat yang dipandang pertama kali dari bentuknya yang cantik dan menarik. Untuk anak-anak coklat praline adalah coklat yang begitu disukainya karena bentuknya yang menarik apalagi jika ada bentuk yang sama dengan karakter yang disukainya .
Apa Itu Coklat
Apa Itu Coklat
Kata Praline sendiri sejarahnya adalah dari seorang Koki Duke of Plessis-Praslin secara tidak sengaja menumpahkan gula mendidih yang meleleh pada bubuk almond. Kemudian lahirlah kata Praline. Praline pada awalnya adalah campuran almond (kacang kupas) dan gula leleh yang dihaluskan bersama. Atas resep dasar inilah beberapa abad kemudian ahli coklat dari Belgia mengembangkan resep ini dengan mencampurkannya kedalam coklat. Sejarah coklat mencatat ini terjadi pada tahun 1671.
Coklat Praline merupakan coklat yang terbuat dari bahan dasar coklat yang baik ditambah dengan dengan berbagi campuran seperti gula, mentega dan kemudian disajikan dalam bentuk beraneka ragam yang menarik dengan menambahkan kacang, buah, liquor, esella, fruit mix, rice crispy, palette blueberry, palett, strawberry, bahkan herbal. Contoh dari coklat praline yang dicampur dengan herbal adalah Coklat Dach.
Coklat praline yang baik haruslah dibuat dengan bahan dasar yang berkualitas. Coklat dengan bahan dasar yang berkualitas bukan hanya menghasilkan coklat yang lezat, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan.
Sebagai contoh Coklat Praline seperti Coklat Dach adalah coklat praline yang dibuat dari coklat dark yang berkualitas ditambah dengan herbal yang berkhasiat yang dapat menjadi coklat sebagai terapi maupun sebagai camilan yang sehat.
Biasanya coklat praline dijual dalam bentuk kemasan yang menarik juga, menggunakan kemasan dengan jumlah partisi/tempat sebanyak jumlah coklatnya. Kemasan yang menarik ini sangat cocok diberikan sebagai hadiah atau seserahan kepada sanak kerabat. Misalnya sebagi hadiah bagi yang merayakan valentine atau seserahan pada hari besar agama (lebaran, dsb). Makanya tidak heran pemesanan coklat menjelang hari valetine begitu banyak.
Bukan hanya itu, coklat praline yang berkuliatas yang tidak akan mudah meleleh pada suhu kamar, dalam kemasan yang menarik dapat juga dirangkai dengan beragam coklat lainnya menjadi parcel coklat. Parcel coklat sangat cocok di berikan kepada rekan, baik sejawat, rekan bisnis, sanak kerabat yang menyukai coklat.
Bagi anda penggemar berat coklat tapi mengalami keluhan seperti berat badan atau beberapa keluhan lainnya, tidak ada salahnya untuk mencoba coklat praline dengan campuran herbal.

DARK CHOCOLATE
Dark chocolate merupakan jenis unsweetened chocolate yang mempunyai sedikit rasa pahit. Mengandung sedikitnya 75% masa coklat murni tanpa ada tambahan susu atau mentega. Dark chocolate merupakan solusi pilihan yang baik jika anda menginginkan manfaat coklat untuk kesehatan.
Dark chocolate dengan rasa agak manis, merupakan dark chocolate yang ditambah gula dengan jumlah yang sangat sedikit. Tidak seperti coklat olahan lainya dimana jumlah kandungan coklatnya lebih sedkit dibanding dengan dark chocolate.
Walaupun dark chocolate identik dengan warnanya yang hitam (ada yang mengatakan coklat tua mendekati hitam) dengan rasa yang sedikit pahit, tapi coklat inilah yang paling banyak mengandung polifenol yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Manfaat coklat untuk kesehatan adalah kandungan polifenol yang ditemukan secara alami dalam coklat, yang bekerja untuk melindungi sel tubuh dari racun lingkungan dan memberikan efek terapi antioksidan dalam tubuh.
Penelitian yang mengatakan bahwa coklat sangat bermanfaat bagi kesehatan adalah coklat yang paling banyak mengandung coklat dengan sedikit (bahkan tidak) mengandung gula, dan tidak ada tambahan mentega atau susu. Jika dark chocolate diolah menjadi coklat yang ditambah dengan buah–buahan sehat atau kacangan yang mengandung lemak nabati sehat maka manfaat coklat bagi kesehatan akan bertambah.
Manfaat Dark Chocolate Bagi Kesehatan :
Sebagai antioksidan. Polifenol yang terkandung dalam coklat, sejenis flavanoid yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang akan masuk kedalam tubuh dan membantu memperlambat penuaan dini.
Membantu menurunkan tekanan darah. Dark coklat mampu membantu menurunkan tekanan darah pada orang yang memiliki tekanan darah tinggi.
Membantu menurunkan kolesterol LDL. Menkonsumsi dark coklat secara teratur terbukti dapat menurunkan kolesterol LDL sebanyak 10%.
Sebagai anti-depresan alami. Serotonin yang terkandung dalam coklat bekerja sebagai anti-depresan alami dan merangsang produksi endorphin ( hormon yang menciptakan perasaan bahagia ).
Sebagai pembersih arteri. Antioksidan yang tinggi dikandung dalam coklat terbukti mampu bekerja seperti sapu yang membersihkan plak di dinding arteri.
Membantu meningkatkan daya ingat.Suatu bahan kimia dalam coklat yang disebut epikatekin mampu meningkatkan memori pada otak.
Kandungan antioksidan bervariasi pada setiap cokelat, tergantung pada berbagai faktor di antaranya kandungan cocoa dan proses pengolahannya. Secara umum, coklat bubuk dan dark chocolate mengandung antioksidan dalam jumlah yang lebih tinggi daripada milk chocolate.
Berikut kandungan antioksidan polifenol dalam beberapa produk coklat :
• Milk chocolate (50g) – 100 mg
• Dark chocolate (50g) – 300 mg
• Red wine (140mL) – 170 mg
• Tea (240mL) – 400 mg
• Bubuk coklat (16g) – 200 mg
Terlihat bahwa daftar diatas, yang paling banyak mengandung polifenol adalah coklat bubuk, dimana hanya dengan 16 gram saja mengandung 200 mg polifenol. Coklat bubuk merupakan daging biji coklat yang digiling sebagai bahan untuk membuat cairan coklat yang merupakan campuran padatan kakao dalam mentega coklat. Dalam proses selanjutnya dipisahkan antara mentega coklat dan padatan sisa. Padatan sisa inilah yang akan diproses menjadi bubuk coklat.
Tapi dalam berbagai macam produk olahan coklat, coklat bubuk lebih jarang digunakan kecuali pada berbagai produk kue,roti, minuman, ice cream. Dark chocolate lebih banyak digunakan sebagai bahan dasar produk coklat termasuk coklat dach dimana perpaduan antara chocolate berkualitas dengan herbal berkhasiat lainnya.
Walaupun sangat jarang yang menjualnya, ada produk coklat batangan yang merupakan dark chocolate dimana kandungan massa coklat mencapai 90%. Misalnya coklat dengan merek Lindt. Lindt merupakan dark coklat premium yang berasal dari swiss, salah satu negara yang terkenal dengan produksi coklatnya. Coklat batangan seperti ini sedikit sekali orang menyukainya, karena rasanya yang agak pahit tapi mempunyai sensasi enak di lidah. Tapi Karena manfaatnya yang besar bagi kesehatan, ada orang-orang yang menyukai coklat batangan dark chocolate ini.
Saatnya mempertimbangkan ngemil sehat. Dan dark chocolate adalah satu solusi bagaimana ngemil akan memperbaiki dan menambah kesehatan kita.

COKLAT BUBUK
Coklat bubuk merupakan coklat yang mempunyai aroma yang kuat, tidak berabau tengik, dan tidak berjamur. Ada beberapa jenis coklat bubuk yaitu coklat bubuk yang berwarna pekat dan kepekatan sedang.
Coklat bubuk yang berwarna pekat berorama pahit dan mempunyai sifat mengeringkan adonan kue. Untuk coklat bubuk yang kepekatannya sedang lebih mudah didapatkan dibanyak pasar atau swalayan
Coklat bubuk atau sering disebut sebagai cocoa powder dibuat dari bungkil biji coklat yang telah dipisahkan dari lemak coklatnya. Bungkil/ampas biji coklat ini dikeringkan terlebih dahulu baru kemudian digiling menjadi bubuk/tepung coklat.
Dilihat dari prosesnya, coklat bubuk dibedakan menjadi 2 macam, coklat proses natural dan melalui proses dutch. Cocoa yang melalui proses natural mempunyai rasa sedikit asam. Sedangkan coklat dengan proses ducth berwarna lebih gelap dengan tekstur yang lebih lembut.
Coklat bubuk dengan proses natural dibuat dari bubur coklat dengan menghilangkan sebagian besar lemaknnya hingga tinggal 18-23% saja. Sesuai dengan namanya coklat ini berbentuk bubuk/tepung halus dengan rasa sedikit pahit dan tentunya sedikit lemak. Coklat jenis ini banyak digunakan sebagi campuran untuk membuat kue atau roti.
Coklat bubuk merupakan penemuan oleh seorang ahli kimia Belanda Conrad Van Houten pada tahun1828. Sebagaiman kita ketahui, penemuan cara mengolah biji kakao menjadi coklat bubuk merupakan dampak dari revolusi industri. Akibat dari penemuan cara mengolah biji kakao menjadi bubuk memungkinkan harga coklat menjadi terjangkau oleh semua kalangan. Cara yang dilakukan Conrad Van Houten adalah bagimana mengeluarkan lemak kakao keluar dari bijinya. Cara ini akhirnya terciptalah chocolate liquor. Chocolate liquor adalah cairan coklat yang merupakan kombinasi dari padatan kakao dan lemak coklat (cocoa butter). Dari sinilah kemudian tercipta bubuk coklat.
Dari rasa, coklat dengan proses ducth lebih disukai, terutama jika dibuat coklat panas. Ini karena aromanya lembutnya menggoda untuk dicoba. Tapi walaupun demikian coklat bubuk yang banyak beredar di pasaran adalah jenis cocoa natural.
Coklat bubuk di pasaran ada beberapa macam antara lain :
- Coklat Bubuk Merah ( Red Cocoa Powder )
- Coklat Bubuk Hitam ( Black Cocoa )
- Coklat Bubuk /Cocoa Powder
- Cocoa Butter
Coklat bubuk lebih banyak digunakan pada industry makanan dan minuman seperti bakery, cake, ice cream, biscuit dan lain-lain.

No comments:

Post a Comment