Saturday 1 March 2014

Isi sekoci imigran di Pantai Kebumen dijarah warga

Isi sekoci imigran di Pantai Kebumen dijarah warga


Isi sekoci imigran di Pantai Kebumen dijarah warga
Sekoci imigran di Pantai Kebumen.
Sekoci imigran Timur Tengah yang terdampar di Pantai Karangjambe Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kebumen Jawa Tengah sejak Senin (24/2) hingga kini masih berada di pantai tersebut.

Dari pengamatan, fasilitas yang ada di dalam sekoci berwarna oranye tersebut, sudah tidak ada. "Kemarin warga sempat mengangkut barang-barang yang ada dari dalam kapal. Ada dayung, aki, perbekalan makanan," ujar Andi, warga Desa Argopeni Kecamatan Ayah, saat ditemui, Selasa (25/2).

Andi mengemukakan, banyak warga yang membawa pulang properti yang ada di perahu seperti dayung hingga aki. Menurutnya, baru kali ini ada sekoci yang terdampar di wilayah pantai selatan Kebumen tersebut. "Sekocinya seperti yang ada di kapal besar," ujarnya.

Pantai Karangjambe sendiri berada di daerah dekat perbatasan antara Desa Argopeni dengan Desa Karangduwur Kecamatan Ayah. Medan yang dilalui untuk mencapai lokasi cukup terjal, karena elevasi bukit hingga 80 derajat.

Sementara itu, petugas Pos TNI AL Logending, Sersan Mayor Suwarto, mengatakan perahu tersebut awalnya akan ditarik ke pos TNI AL. "Tapi enggak jadi, karena di beberapa bagian kapal ada yang bocor terkena karang. Apalagi, kapalnya terbuat dari bahan fiberglass," katanya.

Menurut catatan di Pos TNI AL, ada 26 imigran asal Timur Tengah yang berasal dari Iran, Irak, Mesir, Pakistan, dan Bangladesh. Menurut petugas, sekoci tersebut dikabarkan terdampar sekitar pukul 11.30 WIB. Sesampainya di Pantai Karangjambe, para imigran segera berhamburan melarikan diri.

Akhirnya, para imigran berhasil dikumpulkan di Pos TNI AL Logending Ayah. Saat ini, para imigran dibawa ke penampungan imigrasi yang berada di Cilacap Jawa Tengah.

No comments:

Post a Comment