Tuesday 4 March 2014

Kerugian Kebakaran Pasar Sampang Capai Rp 5 Miliar

CILACAP - Kerugian akibat kebakaran yang menghanguskan ratusan kios dan barang dagangan milik pedagang di Pasar Sampang, Cilacap, Jawa Tengah mencapai Rp 5 miliar.
“Jumlah kios yang terbakar, seba­nyak 86 dari 112 kios yang ada di lantai dua. Sementara tempat jualan lesehan yang terbakar di los yang ada di lantai itu ada 613 tempat. Total kerugian, diperkirakan mencapai Rp. 5 miliar,” kata Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap Minggu (2/3).
Kerugian terbesar dialami pedagang, sebab sebagai besar dagangan yang hangus terbakar terdiri dari kebutuhan sembako.
Sementara Kepala Pasar Sampang Sadimun mengatakan, hampir tidak ada barang yang diselamatkan oleh pedagang. Sebab kebakaran terjadi pada Sabtu (1/3) dinihari, belum ada pedagang yang datang.
Mereka baru tahu kiosnya terbakar pada Sabtu siang. Hingga Minggu api baru benar mati, kebakaran hanya menyisakan puing-puing.
Ratusan kios dan tempat jualan di los yang terbakar berada di lantai dua pasar tersebut. merupakan kios dan los sembako, kelontong dan makanan. Ratusan kios dan tempat jualan di los di lantai atas habis terbakar. ”Kebakaran terjadi sekitar pu­kul 01.00 WIB. Api membakar lantai dua bangunan,” kata Sadimun.
Dikatakan, apa sebab dan di bagian mana terjadi kebakaran masih belum diketahui. Peny­i­dikan tengah dilakukan oleh sejumlah pihak termasuk aparat kepolisian.
Kebakaran Pasar Sampang pada Sabtu lalu merupakan kali kedua. Sebelumnya pda Agusrus 2003, saat masih berupa bangunan pasar lama. Kebakaran kecil juga terjadi di sisi barat pasar tersebut pada tahun lalu dapat dipadamkan sebelum menyebar ke bangunan utama pasar tersebut.

No comments:

Post a Comment