Saturday 22 February 2014

Benteng Pendem, Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Propinsi Jawa Tengah

Benteng Pendem, Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Propinsi Jawa Tengah


Pesona dan Keindahan dari tempat dan objek wisata yang anda dapat nikmati.

Wisata sejarah, dan wisata alam. Pertama adalah keindahan meriam, bayak koleksi merian peninggalan Belanda. Di samping tempat meriam adalah ruang klinik, adalah ruang pengobatan buat para pekerja yang mengalami sakit. Benteng yang dibangun oleh Belanda antara tahun 1861-1879 M ini memilki luas asli 10.5 hektare. Namun ternyata sejumlah 4 hektare diambil oleh Perusahaan Minyak Pertamina untuk pembangunan salah satu fasilitasnya di daerah tersebut. Selanjutnya pada 29 November 1847, Gubernur Jenderal J.J. Rochussen (1845-1851) memutuskan bahwa pembukaan pelabuhan Cilacap bukan semata-mata untuk kepentingan perdagangan saja, melainkan untuk militer dan pertahanan. Kedua adalah keindahan nilai arsitektur benteng itu. Banyak arsitek Belanda yang berperan dalam pembangunan benteng Pendem. Ketiga adalah wisata alam di sekitar komplkes Benteng Pendem, dahulu luasnya 10 ha, namun karena digunakan Pertamina lokasinya sekarang tinggal sebagian kecil namun tetap indah.
Nilai yang dapat anda peroleh dari tempat dan objek serta kegiatan wisata.
Di Benteng Pendem sarat dengan nilai sejarah perjuangan bangsa. Namun ada juga nilai arsitektur yang memberikan nilai seni yang tinggi.
Jalur dan alat transportasi yang anda dapat tempuh dan gunakan untuk mencapai lokasi tempat dan objek wisata.
Untuk mencapai daerah ini cukup jauh namun sudah baik jalannya. Dari kota Cilacap jalan sudah tersedia halus, walaupun letak di Cilacap Selatan. Alat transportasi yang dapat digunakan adalah mobil, motor, kendaraan pribadi.
Fasilitas bagi pengunjung atau wisatawan yang di tempat dan objek wisata.
Bagi pengunjung tersedia fasilitas yang cukup lengkap. Parkir, dan ketersediaan warung.
Tarif masuk dan jam buka atau layanan tempat dan objek wisata bagi pengunjung atau wisatawan.
Biaya masuk sebesar Rp 4.000,- untuk semua objek di dalam benteng. Benteng dan lokasi wisata kompleks Benteng Pendem Cilacap ini buka setiap hari.
Perhatian dan saran bagi pengunjung atau wisatawan jika berkesempatan datang dan menikmati tempat dan objek wisata.
Kompleks Benteng Pendem Cilacap ini sudah termasuk dalam cagar budaya, maka tidak boleh menulis atau mencoret-coret objeknya.
Tempat wisata yang terdekat.
Objek yang dekat Pantai Widara Payung dan Jetis, Pantai Teluk Penyu dan Hutan Payau.

No comments:

Post a Comment