Friday 21 February 2014

Ngerti Pemilu, Dapat Sebungkus Rokok

Ngerti Pemilu, Dapat Sebungkus Rokok

FOTO A..aditya-sosialisasi KPU di LP Purbalingga5
KPU Gelar Sosialisasi di Rutan
PURBALINGGA- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purbalingga  berusaha maksimal menarik perhatian napi di Rutan Purbalingga akan Pemilu. KPU melakukan sosialisasi Pemilu Legislatif 2014 dengan trik khusus, Kamis (20/2).
Selain berusaha seakrab mungkin,  kegiatan itu tidak hanya menyampaikan seluk beluk Pemilu, komisioner KPU, yang diwakili oleh Ketua KPU Sri Wahyuni AKS serta dua anggota KPU Mey Nurlela dan Sukhedi SAg, juga mengajukan pertanyaan kepada warga binaan itu. Seperti jumlah daerah pemilihan (dapil), jumlah parpol peserta pemilu dan jumlah caleg di Purbalingga. Nah, yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar mendapat hadiah berupa satu bungkus rokok.
Ketua KPU Purbalingga Sri Wahyuni AKS mengatakan sosialisasi di Rutan selalu digelar KPU setiap menjelang gelaran Pemilu. “Kami wajib menyampaikan informasi soal pemilu kepada penghuni rutan,” tuturnya, disela-sela kegiatan.
KPU juga sengaja membuat acara sosialisasi dengan metode suasana yang menyenangkan dan santai, agar menumbuhnkan keakraban dengan penguhuni Rutan. “Untuk pencoblosan nanti, kami juga menyediakan TPS khusus di Rutan,”katanya.
Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan Rutan Purbalingga, Helmi Najib mengungkapkan, saat ini terdapat 173 warga binaan rutan Purbalingga. Dari jumlah tersebut, delapan di antaranya masih tergolong anak-anak.
“Sampai saat ini, yang punya hak pilih berjumlah 165 orang. Tapi sebelum 9 April ada dua yang bebas,” ujarnya.
Dia menambahkan, untuk jumlah pemilih bisa bertambah atau berkurang. Bisa saja sebelum 9 April ada narapidana yang dipindah ke rutan atau lembaga pemasyarakatan (LP) lain, atau datang lagi warga binaan baru.
“Namanya juga rutan. Penghuninya datang dan pergi, kami berharap untuk pemilu 9 April ke depan semua warga binaan yang mempunyai hak memberikan suara saat pemilu,” imbuhnya.
Dia berharap dengan sosialisasi tersebut, warga Rutan bisa ikut mensukseskan Pemilu sehingga tingkat partisipasi pemilih di Rutan mencapai 100 persen terus berlanjut.

No comments:

Post a Comment