Friday 14 February 2014

Letusan Gunung Kelud Terdengar sampai Yogya

Letusan Gunung Kelud Terdengar sampai Yogya

Letusan Gunung Kelud Terdengar sampai Yogya
Suasana malam di kawasan Tugu, Yogyakarta.

Yogya - Suara letusan Gunung Kelud terdengar sampai Kota Yogyakarta. Kota Yogya berjarak 200 kilometer dari Gunung Kelud yang berada Kota Kediri.  Menurut warga Sleman, Yogyakarta, Uling Sumbogo, suaranya kedengaran sekali. "Saya dengar empat kali dentuman keras sekitar jam 23.30 sampe jam 24.00." kata Uling, Jumat 14 Februari 2014.

Di Kota Solo, suara gemuruh susul menyusul hingga membuat kaca bergetar. Salah satu warga Pajang, Prabowo mengaku sempat kaget dengan suara gemuruh yang terdengar sekitar pukul 22.50 WIB. "Suaranya bergemuruh tanpa jeda," katanya, Kamis malam 13 Februari 2014.

Suara gemuruh tersebut terus disusul suara dentuman berkali-kali. Suara itu terus terdengar hingga hampir 30 menit. "Tadi sempat bertanya-tanya, setelah buka Twitter baru tahu kalau Kelud meletus," katanya.

Warga yang lain, Farida mengatakan rumahnya terasa bergetar seperti dilanda gempa. "Warga berlarian ke luar rumah," katanya. Mereka juga sempat bingung lantaran tidak tahu apa yang terjadi.

Warga sempat tidak percaya bahwa suara yang didengar berasal dari Gunung Kelud. Sebab, suara dan getarannya terasa kuat. "Saat Merapi meletus saja tidak seperti ini," katanya.

Sebelumnya, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho menyatakan status Gunung Kelud menjadi Awas atau Siaga IV. Status itu dikeluarkan pukul 21.15. Namun selang beberapa menit Gunung Kelud mengeluarkan material vulkanis.

Berdasarkan Data pusat informasi di Pos Pemantauan Gunung Kelud di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri Jumlah tersebut adalah terbesar dalam sejarah letusan Gunung Kelud menyebutkan letusan yang terjadi pada tahun 1586 telah menewaskan sedikitnya 10 ribu jiwa.

No comments:

Post a Comment