Friday 21 February 2014

Perjuangkan Wayang Kulit, Dalang asal Cilacap Ini Jadi Caleg

Perjuangkan Wayang Kulit, Dalang asal Cilacap Ini Jadi Caleg

Dia mengaku punya modal jaringan seniman di Kabupaten Cilacap.

 Sudaryanto, dalang dari Cilacap, Jawa Tengah, maju sebagai caleg.
Sudaryanto, dalang dari Cilacap, Jawa Tengah, maju sebagai caleg.

Seorang dalang di Cilacap, Jawa Tengah, percaya diri untuk menjadi calon anggota legislatif (caleg).  Dia bertekad memperjuangkan nasib kesenian tradisional wayang kulit yang selama kurang diperhatikan pemerintah dan nyaris ditinggalkan.
Dengan modal jaringan seniman wayang kulit, Sudaryanto memberanikan diri maju sebagai caleg DPRD Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, dari Partai Golkar.

Dia menggelar kampanye keliling kampung dengan menggelar pertunjukan wayang kulit. Selain kampanye, misi utama Sudaryanto adalah mengenalkan kembali wayang kulit kepada anak sekolah.

"Lebih dari 300 dalang di Cilacap nyaris tidak produktif karena wayang kulit sudah mulai ditinggalkan. Karena itu, saya sudah mengantisipasi dan mengenalkan wayang kepada anak-anak di sekolah," katanya.

Ditambahkan Sudaryanto, para pelaku kesenian wayang kulit di Cilacap akan makin terpinggirkan bila tidak dapat menghadapi tantangan dengan makin berkembangnya teknologi informasi.

"Kondisi ini makin menjauhkan kesenian wayang kulit dari generasi penerus. Perlu peran serta pemerintah agar warisan leluhur ini tetap dilestarikan. Caranya dengan adanya perwakilan dalang di legislatif," katanya.

No comments:

Post a Comment