Friday 21 February 2014

Manfaatkan Lahan Pekarangan Rumah

Manfaatkan Lahan Pekarangan Rumah

FOTO A
KWT Kuncup Mekar Dikunjungi Ketua PKK Kabupaten
PEKUNCEN-Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyumas, Erna Husein terus memberikan semangat kepada kaum wanita untuk mandiri dan terus berkarya untuk membantu kebutuhan keluarga. Istri Bupati Banyumas, Ir.Achmad Husein mengatakan saat melihat tanaman warga yang ditanam di pekarangan rumah di Kelompok Wanita Tani (KWT) Kuncup Mekar Desa Pasiraman Lor, Kecamatan Pekuncen, Rabu (19/2).
Erna Husein mengatakan, dengan tanah yang subur dan lahan yang ada di pekarangan rumah harus bisa dimanfaatkan. Dengan adanya pupuk kompos, selain tanaman yang digunakan tidak menggunakan pestisida, juga akan dapat meringankan perekonomian keluarga.
Ke depan dirinya berharap agar pemanfaatan rumah dapat ditingkatkan, yang dulunya hanya keperluan keluarga harus lebih maju untuk dapat dijual ke pasar. “PKK adalah mitra pemerintah, mendorong wanita menjadi mandiri dan berpenghasilan, maka dari itu sebagai ibu rumah tangga harus melakukan kegiatan lebih maju. Ke depan tidak hanya untuk diri sendiri, namun bagaimana bisa membantu ekonomi keluarga,”kata Erna.
Kata dia, kemajuan PKK salah satunya berada pada majunya KWT di desa, karena di sana untuk pemberdayaan kaum wanita sebagai binaan. Selain KWT, kelompok Dasawisma juga harus lebih maju, karena itu pihaknya turun ke lapangan untuk mendengarkan langsung keinginan warga dalam pengembangan program rumah pangan lestari (RPL).
Sementara itu, Kepala Balepuh KP Banyumas, Ir.Widarso mengatakan, kegiatan KRPL dengan kerjasama dengan Perwakilan BI Purwokerto diharapkan akan meningkatkan kesadaran, peran dan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan pola konsumsi pangan yang B2SA (beragam, bergisi, seimbang dan aman).
“Selain itu juga untuk meningkatkan partisipasi kelompok wanita dalam penyediaan sumber pangan dan gizi keluarga, melalui optimalisasi pemanfaatan pekarangan sebagai penghasil sumber karbohidrat, protein dan mineral untuk konsumsi keluarga,”jelasnya.
Dalam kegiatan yang dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten, Camat beserta Muspika Pekuncen sampai pengurus dan anggota KWT kuncup Mekar, dilakukan penyerahan bantuan bibit tanaman kepada masyarakat.

No comments:

Post a Comment